Work as Sales Force in Spektra Multifinancing Part 2



Okee let’s see adn read guyss
       Menyambung cerita kemarin ternyata aku sama temen aku keterima yaa , terus kita tuh lgsg disuruh ikut senior kita yang di tempatin di BIP , sebenernya dia udah ijin pulang ke manado tapi karna ada kita  ya udah dia ajarin kita dulu namanya Teh Citra disitu kita belajar bertiga ada Aku , Devi sama Ferdian karyawan yang bawa aku .
      Awal banget aja kita udah langsung diajarin caranya ngitung pembiayaan kredit terus , aku sibuk nulis apa aja yang harus aku pahami, struktur kredit , cara ngitung kredit , persyaratan nya apa aja
     Dan ngajarinnya itu bener-bener express temen aku dan ferdian aja sampe kewalahan tapi beruntung sih aku ga blank banget soalnya aku suka bgt sama matkul kredit walaupun dosennya kolot tp emg aku banyak baca buku soal kredit jadi aku ga blank banget
     Tapi beruntungnya kita tuh pas belajar langsung ketemu banyak customer jadi ilmunya bener-bener langsung di praktekin itu cepet banget ngertinya , jujur aja yaa guyss awalnya aku sama devi canggung banget banget ga ngerti harus ngapain ketemu customer gugup banget tapi tetep ga boleh keliatan gugup yaa
     Teh citra juga ngajarin gimana caranya ngadepin konsumen , kalo jadi sales itu harus good looking , banyak senyum , kalo bisa dandan yg cantik , ramah sopan pokoknya berusahalah untuk se-menarik mungkin .
    Ga kerasa kita dari jam 12 sampe pulang jam 7 malem hemm mana lagi puasa dan akhirnya aku buka cuman minum aja haha soalnya gatau bakal sampe kyk gini , besok nya kita disuruh dateng lagi soalnya weekend passti banyak custome yg lalu lalalng dan Bu Dewi pasti datang ngontrol kita berdua
     Okee Minggu ini kita dateng jam 12 dan ternyata kita salah di tegor sama satpam electonic solution tempat kita kerja kalo seharusnya kita dateng jam 10 dan pulang jam 10 malem terus temen ku dibentak aku juga dibentak karna harus pake kerudung item , sepatu heels item yaa gitulah ribet karna temen aku sakit hati yaa udah dia kerja cuman sampe di hari itu aja , kalo aku sih karna sering banget di bentak sama orang rumah jadi yaa segitu sih belum apa2 .
      Senin nya aku disuruh off karna kata bu dewi sales itu off nya week day gabisa off weekend karna kita ngejar target , satu minggu kerja berdua sama ferdian yaa , temen yang sama-sama belajar juga aku sama ferdian cuman beda 5 hari masuknya yaa begitulah walapun berdua kita beda shift kalo misalnya ada apa2 paling nanya nya via bbm atau telpon yaa gimana di training pun  engga
   Kalo ga bikin kesalahan bukan alifah namanya wkwkwk , yaa aku bikin banyak kesalahan dari nanya2 ke grup central karna aku ga di invite ke grup jembar ,terus kesalahan harga , gatau prosedur , bingung sendiri tapi alhamdulillah kalo ngitung bener terus sih karna aku ngitungnya sampe berkali-kali tapi ada kesalahan yang bikin aku sampe nangis nga gugu di depan atasan aku apa coba ?
      “ kesalahan nginput data “ yaa kesalahan nginput data , karna setelah kita ngisi aplikasi data konsumen kita harus nginput data itu ke sistem soda.fifkredit.com yaa waktu itu lagi eror bgt website nya gangguan terus yaa mau gamau data harus tetep di input kalau ga di input kasian konsumen nanti prosesnya agak lama , akhirnya di input lah ternyata jumlah karakternya ga memadai yaa terus ya udah nama CA yang ACC pengajuan kredit aku ga tulis Pak soalnya aku pikir kalo aku tulis pake Pak ga akan cukup ya , eh ternyata itu dijadiin masalah aku di bm sama staff kantor gara-gara ga pake Pak besoknya aku disuruh ke kantor awalnya aku biasa ga takut atau gimana tapi pas liat wajah CA- CA nya asli merinding dan akhirnya untuk pertama kalinya aku nangis di depan bos , iyaa di depan bos asli ga ngerti harus gimana cuman bisa bilang maaf aja terus eh akhirnya dia ketawa lah liat aku nangis dan ga jadi marah , asli itu moments banget yaaa soalnya waktu aku kerja di koko hendrik , dan paas nyensus aku ga pernah dimarahin sampe nangis kayak gitu lo
     Btw gue mau share nih gimana tatacara pengajuan nya yaa
1)   Lo harus siapain ktp yang masih berlaku
2)    Nanti sama mbak / mas sales spektranya di fotocpy/ di foto
3)    Trs nanti paling ditanya-tanya buat ngisi aplikasi
4)    Lo ttd aplikasinya dan nunggu 2-3 hari hasil survey apakah pengajuan lo Acc atau engga ?
Nah faktor – faktor yang bikin pengajuan lo ACC
1)   Nama baik  , kalo lo selalu tepat waktu dalam pembayaran apapun dan dimanapun pengajuan bisa dipertimbangkan
2)   Tidak berada pada red zone (zona dimana penduduk daerah itu tidak bagus dalam pembayaran angsuran malah bisa dibilang sering telat bahkan blacklist )
3)   No telpon harus aktif sampe 2 minggu ke depan  soalnya pihak surveyor pasti ngehubungin lo trs buat verifikasi data dan survey juga
4)   Data yang jelas dan ga fiktif  kalo ngajuin jangan pake nama orang atau gimana yaa pasti pengajuan lo ga akan ACC
5)   Umur lo harus min 21 th n maks 56 thn yaa

        Well kalo lo masih punya pinjaman di bank lain atau masih di leasing yang sama sebenernya masih bisa lo ngajuin lagi tapi kemungkinan ACC nya cuman 30-50% apalagi kalo pembayaran lo sering telat-telat biasanya maks cmn 2 kontrak aja itupun kalo pembayaran lo bagus yaa
     Selama gue kerja di spektra sih banyak banget pengalaman yang berharga buat gue walaupun sedikit gajinya yang ga nyampe 2 jt dan sering bgt telat , tapi gue besyukur punya temen-temen kerja yang pada care sama gue yaa pada care sama gue nya bgt L , dari temen yang satu tempat kerja di electronic solution yg dari berbagai leasing , spm , spg , kasir sampe sales managernya yang yaa lumayan baik dan pengertian sama gue
       Apalagi temen sesama sales force di Spektra mereka tuh asyik asyik pokona mah bersyukur banget ketemu sama mereka , kalo ada yang lagi kesusahan bingung ngurusin tagihan saling membantu , saling ngingetin , pusingnya pas akhir bulan , kejar target pas akhir bulan , rekap data penjualan intinya bener-bener FIGHT bareng karna kita itu kerja tim yaa , tapi tetep aja setiap Sales Force punya pencapaian yg berbeda – beda , target setiap sales force itu 150 jt yaa tapi pencapaian aku tuh baru nyampe di 126 jt – 165 jt selama 4 bulan nyampe target baru sekali hehe itu pun di bant sama temen aku yang udah resign hehehe , tapi kalo aku sendiri sih baru nyampe di 125 jt-an jadi yaa gajinya cmn mentok di 1,8 jt karna kalo dibawah target cmn dpt gaji pokok aja guyss
      Cape kan iyaa udah cape gajinya kecil tapi yaa guyss aku tuh selalu liat sisi positif dari setiap pengalaman yang udah terjadi , apapun itu mau baik atau buruk selalu ada hikmah yang terdapat dari sana jadi yaa enjoy the life aja , mungkin aku harus kyk gini biar nanti aku  bisa lebih luwes lagi kalo ketemu orang baru , lebih teliti lagi , lebih tenang lagi pokoknya setiap kerjaan bisa membuat kita lebih dewasa dari sebelumnya .
      Okeee terimakasih udah mau berkunjung dan baca blog aku nantikan cerita-cerita ku selanjutnya yaaa guyss see you





sales force

all crew 

ngaliwet duluu

partner  kerja di electronic solution

electronic solution 

temen ngemil kalo lagi kerja

senyum ga ikhlas ketika gajian di pending :D

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Evaluasi SISTEM INFORMASI MANAJEMEN dari BAB 1 dan BAB 4

Makalah Pengantar Manajemen Planning