Pengalaman Menjadi Pencacah lapangan (PCL) pada SENSUS EKONOMI 2016




        Hai semuanya sorry udah lama yaa aku ga pos yaa gimana atuh da sibuk wkwkwk
sibuk apaa ? sibuk cari jodoh haha ketauan deh jomblonya sebenernya selain sibuk cari jodoh aku juga sibuk nyensus nih di bulan Mei 2016 yang diadakan oleh BPS (Badan Pusat Statistik) untuk pendataan SENSUS EKONOMI yang diadakan selama 6 tahun sekali guyss
        Kok bisa jadi petugas sensus ? Gimana cara daftar nya ? Dapat Gaji berapa ? Apa ada tes masuk ?Susah ga soalnya ? Susah ga sensus itu ?
Oke aku jawab yaa semua satu-satu  oke dari pertanyaan pertama “ Kok bisa jadi petugas sensus?”
    Yaa bisa lah kan BPS membuka lapangan kerja itu via online juga , banyak banget iklan yang berisi loker buat jadi petugas sensus itu , temen aku yg up to date Zulfa Maharani juga ngajak aku buat ikutan karna ya lumayan sih gajinya bisa buat jajan beberapa bulan hehe  karna emang lagi butuh biaya banyak maklum Mahasiswa Bentar Lagi Tingkat Akhir (MBLTA) banyak tugas , pelatihan ,seminar,TOEFL,biaya penelitian  yang emang merluin biaya yang cukup banyak kalo semua dibebanin ke orang tua kan kasian yaa ,ngandelin beasiswa ga cair-cair bro sampe lumutan haha gadeng . Karena semua alesan itu aku putusin untuk daftar aja mau keterima atau engga masalah nanti aja deh butuh uang nih hehehe
        Akhirnya aku dan zulfah daftar online terus kita kasihin formulir pendaftarannya ke BPS tapi kita malah ke BPS kota Bandung haha baru juga sampe langsung di datengin sama satpam nya dan bilang “Kalo kabupaten itu di Soreang neng bukan di Gatot Subroto” , Darisitu kita langsung putar balik ke Soreang untung aku pake motor jadi bisa diatasi btw aku rada ngebut yaa karna BPS itu tutup jam 3 sore jadi aku buru-buru karna dari Gatot udah jam 1 an tapi alhamdulillah jam set 3 an kita udah sampe di BPS Kab Bandung yang sebelumnya kita sempat tersesat untuk nyari nya wkwkwk keliatan jarang main ke Kabupaten , ternyata kantor BPS Kabupaten Bandung itu terletak sebelum gedung sabilulungan dan terletak di dalam kompleks gedung DPRD Kab Bandung yaa
     Setelah sampai kita langsung bertanya kepada tugas BPS tentang loker tersebut dan Petugas BPS membimbing kami untuk mengisi beberapa formulir dan melengkapi beberapa persyaratan seperti :
-          Foto 3x4 2 buah
-          Fotocopy KTP
-          Fotocopy Ijazah terakhir (min SMA)
-          Dll
     Setelah semua persyaratan lengkap dan formulir telah diisi kami langsung mengumpulkan formulir tersebut kepada petugas sensus beberapa hari kemudian tepatnya tanggal 26 Januari 2016  kami mendapat undangan untuk melaksanakan TES SELEKSI BPS yang dilaksanakan pada tanggal 02 Februai 2016 , Hari tes pun tiba saya bela-belain ijin kuliah demi ikut tes ini haha tes ini dilaksanakan di Gedung Sabilulungan Kab Bandung , Tes dilaksanakan jam 1 makadari itu kami otw kurang dari jam segitu karna takut telat sesampainya disana alhamdulillah pas banget jam 1 haha harusnya sih kurang 15 menit harus udah disana tapi tetep diizinkan masuk kok , pas masuk gedungnya mashaalloh *speechless* sambil hati ngomong ini orang apa buih dilautan wkwk karna telat kami berdua (aku & zulfa) duduk di paling pojok,paling belakang , paling ga keliatan , kita kira tuh langsung ujian tapi ternyata ada perkenalan dulu sama BPS Kab Bandung dsb ternyata mulai ujiannya jam 2 lebihan yaa
     Soalnya sebenernya simpe sih tapi ribet yaa ribet kesan pertama pas liat soalnya “APA SIH MAU LO” haha gue ambil nafas dalam-dalam dan keluarin pelan-pelan sambil baca seksama macam guru sejarah ku dulu haha
   Dan ternyata jenis soalnya tuh cerita ya tentang aktivitas ekonomi orang yang kita sensus terus setelah dibaca nanti kita isi formulir/lembar soal yang dikasih Petugas BPS untuk kita isi
“ TIPS buat kalian yang suka grogi dan gelisah pas liat soal yang panjangnya macam kereta tonton gampang ko ikutin langkah-langkah aku :
-          Sebelum lo dapet dan baca soal lo harus berdoa dulu sama Tuhan biar dikasih kelancaran
-          Pertama lo baca per-paragraf terus lo liat lembar jawaban itu dan langsung isi yang ada pertanyaannya yg menyangkut soal paragraf itu
-          Baca sampe teliti dan periksa lagi lo udah bener blm jawabnya kalo udah yakin lanjut ke paragraf selanjutnya
-          Setelah semua paragraf beres ternyata ada yang yangkut sama itungan nih , tenang guys don’t worry be happy yaaa kalo soal BPS pasti ada itungan apalagi sensus ekonomi yaa
Pertama lo tentuin angka-angka penting dalam soal tersebut lo susun dan kasih keterangan di kertas coret-coret lu terus baca lagi soalnya sampai ngerti , “duh angkanya milyaran nih bingung” kalem aja guys di ekonomi gue diajarin untuk ngitung cepet pake angka sederhana walaupun angkanya itu milyaran
Gini yaa misal penghasilan bapak Siswanto 240.000.000./bulan ditanya penghasilan pertahunnya otomatis lo harus ngaliin 240.000.000 x 12 kaan dan pasti bikin lo ribet dan pusing ya udah gini aja guys lo ambil angka intinya yaitu 24 x 12 = 288 kaans nah tinggal
gini aja lo tambahin sisa angka nol di belakang yg ada 7 itu ke belakang angka 288  2.880.000.000 nah kebanyakan soal BPS itu analisis dan itungan aja so ga susah kan guys bukannya mau sombong gue aja yg ipk nya ga 4 bisa nyelesein dalam waktu 25 menit loh padahal soalnya itu sampe 5 lembar dan cerita semua . Jadi saran aku asah aja dulu kemampuan analisis kamu pasti kamu bakal mudah kok dalam menganalisa soal terlebih watak si do’i wkwkwk
JADI ADA TES MASUK SIAPA TAKUT !!!!!!!
   2 Bulan kemudian pada tanggal gatau euy lupa lagi pokoknya mah akhir maret we yaa ada surat ke rumah yang dianterin sama pak Agus kalo saya keterima buat jadi PCL buat tanggal 1-31 Mei Alhamdulilah yaa dan aku masuk pelatihan gelombang IV pada tanggal 11-14 April di Hotel Garden Permata yang lokasinya sekitaran Universitas Maranatha yaa jangan kesasar kyk aku wkwkwk
       Pas pelatihan aku tuh hanya segelintir orang yang muda belia dan rupawan *ngek haha Tau ga kebanyakan itu ibu-ibu sama bapak-bapak tapi aku sih nyaman-nyaman aja yaa abis ibu-ibu sama bapak-bapaknya baik-baik dan pada sayang sama aku wkwk *hueek
     Kita tuh pas pelatihan nginep disebuah kamar yang lumayan luas yaa cukuplah buat tidur  9 orang lah , ada 8 tempat tidur terus 3 kamar mandi , sama ruang buat ngumpul yang lumayan lega sih kata aku mah hehehe
     Terus makan 3 sehari belum coffe break tiap beberapa jam sekali biar ga ngantuk kitanya pas materi tapi tetep aja we yaa kalau ngantuk mah ya ngantuk aja
       Tapi yaa untuk semua fasilitas dan materi sih bagus yaa walau terkadang ada beberapa materi yang ga terlalu aku ngerti sih tapi sebenarnya praktiknya lebih mudah dari yang kita bayangkan kok yakin deh   FYI aja nih kalo PCL itu pelatihan cuman 4 hari dan hari ke 4 nya tuh cuman set hari jadi ga terlalu cape kalo PML itu sampe 5 hari guyss karena PML itu nantinya jadi ketua para PCL kayak aku yang butuh bimbingan dari senior  
       Nah pas pelatihan terakhir hari keempatnya cuman sampe jam 10 dan hari terakhir itu biasanya kita dikasih uang transport dan uang harian  di hari terakhir juga diadakan evaluasi dari pelatihan 


MAU TAU KELANJUTAN CERITA INI BAGAIMANA PENGALAMAN SENSUS ? JANGAN LUPA BACA YAA PCL SENSUS EKONOMI PART 2 HANYA DI BLOG AKU !!!!!!

JANGAN LUPA COMMENT YAA GUYSS !! SEE YOU !!
Waktu Tes Seleksi di Gedong Sabilulungan Kab Bandung

Belum pada kumpul nih

check in di garden permata hotel

Opening ceremony pelatihan BPS

Buku Sakti Mitra BPS

Temen sekamar nih paling muda kaaans

Tas nya SENSUS EKONOMI 2016

Lagi pada sarapan nih makan yg banyak ya ibu-ibu

neng potoin kita dong ? haha semangat pelatihan yaa bu

Lagi ada pembelajaran sensus oleh pak ahmad dari BPS

Bu Yeti lagi latihan sensus nih

Hari terakhir nih makasih yaa bu



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Evaluasi SISTEM INFORMASI MANAJEMEN dari BAB 1 dan BAB 4

Work as Sales Force in Spektra Multifinancing Part 2

Makalah Pengantar Manajemen Planning